Cara – Cara Bermain Ludo

Ludo adalah permainan papan populer yang berasal dari permainan kuno India yang disebut Pachisi. board ini permainan yang menyenangkan, cocok untuk keluarga, dan bisa dimainkan oleh 2-4 orang. Meskipun mudah untuk memahami, Ludo memiliki beberapa aturan yang kompleks. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan semua bagian ke dalam “rumah” di tengah-tengah papan.

Cara - Cara Bermain Ludo
Cara – Cara Bermain Ludo

Cara – Cara Bermain Ludo

Mempersiapkan Bermain

Membeli satu set Ludo. Anda dapat menemukan permainan papan toko Ludo anak-anak atau toko buku yang menjual permainan papan. Game ini lebih populer di budaya India dan Bangladesh. Namun, versi barat dari permainan telah tersedia.

Memahami terminologi Ludo. Ada beberapa istilah khusus untuk Ludo dan game tersebut. Setiap pemain memilih warna dan mengendalikan empat pion atau potongan. Ludo tidak menggunakan sepasang dadu; jika tidak, game ini hanya membutuhkan satu dadu. Permainan dimulai dengan menempatkan masing-masing pion di “kandang” (pocket) sesuai. Cage adalah persegi besar yang ada berwarna di setiap sudut papan. Sementara itu, “rumah” adalah lapangan tengah yang memiliki satu bidang untuk setiap warna.

berlawanan Kumpulkan. Ludo dapat dimainkan oleh 2-4 pemain. Pemain harus lebih dari empat tahun atau mampu memfokuskan menghitung dan menentukan giliran untuk bermain. Setiap pemain memilih salah satu warna yang diwakili oleh dewan dan pion.

Siapkan papan. Setelah pemain menentukan warna, mengambil semua potongan (sesuai warna) dan tempatkan dalam kandang dengan warna yang sama.

Memutuskan siapa yang bermain pertama. Gunakan dadu untuk menentukan pemain pertama. Pastikan masing-masing pemain mendapat giliran goyang dadu. Siapa saja yang mendapat jumlah terbesar dari pemain pertama. Urutan bermain bergerak searah jarum jam dari pemain pertama.

bermain Ludo

Memulai permainan. Siapa pun yang mendapat angka tertinggi saat mengocok dadu untuk memulai permainan. Untuk memindahkan di papan, pemain harus mendapatkan enam angka untuk “mengaktifkan” pion ke permainan. Jika pemain pertama tidak mendapatkan nomor enam, pemain berikutnya untuk mendapatkan giliran. Enam angka pertama memperoleh “jalan” yang pion bisa meninggalkan kandang.

Ikuti dadu. Setelah pemain mendapatkan enam angka pertama untuk mengaktifkan pion untuk permainan, pemain harus mengocok dadu untuk memindahkan pion. Anda harus mengikuti angka ditampilkan pada dadu. Untuk tanah di “rumah”, Anda harus memindahkan bidak yang sesuai angka pada dadu. Anda juga tidak bisa pulang jika skor jauh melampaui apa yang diperlukan (dalam hal ini, Anda mungkin perlu untuk kembali satu atau lebih langkah-langkah jika hasilnya melebihi jumlah yang dibutuhkan untuk hak atas tanah di rumah).

Memahami aturan-aturan berenam. Ketika seorang pemain mendapat enam angka, ia dapat menghapus satu bagian dari kandang. Setelah itu, para pemain mengocok dadu dan memindahkan pion, menurut angka pada dadu yang keluar kocokan kedua.

Menangkap pion lawan. Anda dapat menangkap bidak lawan setiap kali mendarat di salah satu pionnya. Pion ditangkap harus dikembalikan ke kandang rumah mereka. Setelah itu, pemain yang pionnya kembali harus mendapatkan enam angka yang pion dapat dikeluarkan.

Bermain dengan tumpukan (blob). Tumpukan terbentuk ketika pion (atau lebih) dengan warna yang sama menempati plot yang sama. Pile berfungsi sebagai penghalang dari semua bagian di papan, termasuk pion Anda sendiri. Jika Anda memiliki dua bidak dengan warna yang sama, dan pion lawan mendarat di petak yang ditempati oleh kedua pion Anda, “fenomena” dikenal sebagai tumpukan campuran (mixed blob). Ketika tumpukan bentuk campuran, semua pion yang ada di plot harus dikembalikan ke kandang mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *